Giring "Nidji": Gus Dur Diplomat Ulung

Kamis, 31 Desember 2009 | 19:42 WIB
Giring "Nidji": Gus Dur Diplomat Ulung
JAKARTA, KOMPAS.com -Sebagai mahasiswa jebolan Ilmu Hubungan Internasional, vokalis Gring "Nidji" menaruh perhatian khusus kepada sosok mantan Presiden RI KH Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur. Menurut Giring, Gus Dur adalah seorang diplomat ulung.
"Saya kan kuliahnya jurusan Hubungan Internasional, saya melihat Gus Dur seorang diplomat yang ulung," ungkap Giring saat ditemui di acara Konser Akbar Damai Indonesia, di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Kamis (31/12/2009).
Penilaian Giring tersebut bukan tanpa alasan. Menurut penyanyi "Sang Mantan" itu keliahaian Gus Dur berdiplomasi bisa dilihat saat membuka wacana hubungan diplomasi dengan Israel. "Waktu itu dia berencana membuka jalur hubungan dengan Israel, padahal negara Arab saja tidak melakukannya. Ini karena Gus Dur sangat menghargai perbedaan," jelas Giring.
Meski begitu, Giring tak menampik jika keputusan Gus Dur ketika itu cukup mengundang kontroversi di dalam negeri. "Sosoknya memang kontroversial, soalnya apapun yang dikatakan itu kita enggak akan ngerti, tapi kalau kita paham itu, akan baik sekali maksudnya Gus Dur," imbuh Giring. "Saking pintarnya kadang kita enggak ngerti," sambungnya.
Sikap pluralisme Gus Dur juga diperlihatkan ketika ia membuka seluas-luasnya bagi buat etnis Tionghoa, untuk merayakan Hari Raya dan memperkenalkan seni budayanya. "Seperti dia memberikan kesempatan Tahun Baru Cina yang sebelumnya enggak pernah sama sekali. Itukan bagus sekali. Walaupun hanya sebentar (menjabat sebagai presiden) dampaknya sampai sekarang terlihat di mana-mana. Walaupun dia ada keterbatasan, ternyata orangnya brilliant," pungkas Giring. (C7-09)
0 Responses

SILAHKAN PROTES...